Mengenal Tiga Macam Keretakan pada Aspal Jalan

jenis keretakan aspal jalan

Aspal pada jalan dapat rusak dikarenakan oleh banyak faktor. Dua faktor di antaranya adalah faktor cuaca dan faktor kimiawi. Satu di antara faktor tersebut yang dapat dicegah adalah faktor kimiawi, seperti keretakan. Keretakan pada pengaspalan jalan dapat berujung kepada kondisi yang lebih parah, seperti berlubang dan melebar. Maka itu, keretakan harus diperbaiki oleh jasa pengaspalan jalan profesional. 

Ada tiga macam keretakan jalan yang dapat Anda kenali, atau dapat Anda cegah sebelum menjadi lubang besar yang membahayakan banyak orang. Tiga dari sekian banyak jenis keretakan itu adalah retak halus (hair cracking), retak kulit buaya (alligator crack), atau retak pinggir (edge crack).

  1. Retak Halus

Retak halus adalah retak pada aspal jalan yang memiliki lebar celah kecil, berukuran kurang dari 3 mm. Penyebab dari retak halus adalah kurang baiknya bahan perkerasan yang digunakan kontraktor pengaspalan jalan. Atau bisa juga tanah dasar dari jalan labil. Pemeliharaan retak halus dapat menggunakan lapis latasir atau buras. Sebaiknya, perawatan atau pengaspalan jalan yang memiliki retak halus dilakukan oleh kontraktor pengaspalan jalan. Karena retak halus dapat menjadi retak kulit buaya.

alligator cracks
  1. Retak Kulit Buaya

Keretakan jenis ini memiliki lebar yang sama seperti retak halus, yaitu kurang atau sama dengan 3 mm. Sama seperti retak halus, retak kulit buaya juga disebabkan oleh perkerasan yang kurang baik yang dilakukan oleh jasa pengaspalan jalan. Bedanya, perbaikan dari retak kulit buaya berbeda. Yaitu dengan membongkar bagian-bagian yang basah karena air yang masuk, lalu dilapisi kembali oleh bahan yang sesuai. Perbaikan retak kulit buaya juga sebisa mungkin dibarengi dengan perbaikan saluran drainase.

  1. Retak Pinggir

Seperti namanya, retak pinggir adalah retak yang ada di bagian pinggir jalan. Retakan ini memanjang sepanjang jalan dan mengarah ke bahu jalan. Retak jenis ini disebabkan oleh perkerasan yang kurang baik, atau terjadinya penyusutan tanah. Itu sebabnya, bahu jalan di sekitar kita sering berlubang. Retak pinggik dapat diperbaiki dengan mengisi celah yang ada dengan campuran aspal cair dan pasir.

PIlih Kontraktor Pengaspalan Jalan Terpercaya

Kebanyakan faktor utama dari keretakan-keretakan di atas adalah kurang baiknya perkerasan jalan saat proses pengaspalan jalan. Untuk itu, Anda perlu memilih kontraktor pengaspalan jalan yang berkualitas dan terbukti hasilnya, seperti kontraktor pengaspalan jalan Tangerang. Karena itu, jasa pengaspalan jalan yang Anda pilih tidak akan membuat Anda mengeluarkan uang kembali untuk perbaikan jalan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.